Tuesday 29 January 2013

Shorten URL

APA ITU SHORTEN URL?
Pernah denger kata short url?
===========================================================
Short url adalah layanan aplikasi web yang mempermudah kita untuk menyingkat suatu url website.
Seringkali kita menemukan URL dengan pola sebagai berikut: bit.ly/blablabla, t.co/blablabla, go.gl/blablabla. Nah itulah yang dimaksud dengan shorten URL. URL yang menurut wikipedia definisinya adalah “Rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.” –yang biasanya bebentuk panjang-panjang– tersebut kini diperpendek dengan berbagai layanan yang ada di Internet. Seiring berkembangnya situs jejaring sosial, terlebih situs micro blogging seperti Twitter dan yang lainnya,
layanan shorten URL semakin pesat berkembang, bahkan Google pun –sebagai penguasa pasar mesin pencari– turut serta dalam layanan penyedia jasa shorten URL ini. Berkembangknya layanan shorten URL kemungkinan besar dipengaruhi oleh ‘keterbatasan’ pada situs micro blogging yang hanya membatasi satu posting hanya dengan 140 karakter. Sehingga dengan layanan pemendek tersebut berbagi URL melalui situs micro blogging jadi lebih mudah.
sebagai contoh, anda mempunya URL dgn panjang karakter :
https://plus.google.com/u/0/116900768780101647236/posts
Nah jika anda harus mengetikkan url di atas pasti tidak hafal dan capek kan? Jika menggunakan short url akan menjadi seperti ini:
http://nama_domain_anda/hmk/…..
Lebih mudah kan?
ID (akhiran URL) short url juga bisa diubah sesuai kehendak sobat, yang penting sobat dapat mengingatnya.
JIKA SOBAT INGIN MENCOBA NYA…NE ADA APLIKASI SAYA BUAT MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN CODEIGNITER …
SILAHKAN DI DOWNLOAD DISINI…!!!

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment